Minggu, 16 Juni 2019

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran



Manfaat Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran

1.      Meningkatkan keterampilan dan kompetensi
a. Setiap pemangku kepentingan harus memiliki kompetensi dan keahlian dalam menggunakan teknologi informasi untuk pendidikan dan pembelajaran
b.    Informasi merupakan bahan mentah dari pengetahuan yang harus ddiolah melalui proses pembelajaran
c.    Membagi pengetahuan antar satu peserta didik dengan yang lainnya bersifat mutlak dan tidak berkesudahan
d.      Belajar mengenai cara belajar yang efektif dan efisien bagi pengajarnya
e.     Belajar adalah proses seumur hidup (long life) yang berlaku bagi setiap individu manusia.

2.      Menjadi infrastruktur pembelajaran
a.   Saat bahan ajar banyak disimpan dalam format digital dengan model yang beragam seperti multi media
b.      Para pesrta didik  dan para instruktur aktif bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya;
c.      Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja
d.     Perbedaan letak geografis tidak menjadi batasan proses pembelajaran
e.     The network is the school akan menjadi fenomena baru dalam dunia pendidikan.

3.      Menjadi sumber dan bahan ajar
a.      Ilmu pengetahuan berkembang sedemikian cepatnya;
b.      Pengajar-pengajar yang hebat tersebar diberbagai belahan dunia;
c.      Buku-buku bahan ajar dan referensi diperbaharui secara kontinu;
d.     Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran;
e.     Tanpa teknologi proses pembelajaran yang up to date membutuhkan waktu yang lama.

4.      Menjadi alat bantu dan fasilitas pembelajaran
a.     Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata;
b. Memberiakan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar:
c.   Pelajar diharapkan melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih bebas dan mandiri.

5.      Menjadi pendukung manajemen pembelajaran
a.     Setiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti setiap harinya;
b.   Transaksi dan interaksi antara stakeholder memerlukan pengelolaan baccak office yang kuat;
c.  Kualitas layanan pada pengelolaan administrasi pendidikan seharusnya ditingkatkan secara bertahap;
d.     Orang merupakan sumber daya yang sangat bernilai;
e.      Munculnya keberadaab system pendidikan interorganisasi.

6.      Menjadi sistem pendukung keputusan
a.     Setiap individu memiliki karakteristik dan bakat masing-masing dalam pembelajaran;
b.    Pengajar seharusnya meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam berbagai bidang ilmu;
c.     Sumberdaya yang terbatas, pengelolaan yang efektif seharusnya dilakukan;
d.    Institusi seharusnya tumbuh dari waktu ke waktu dalam hal jangkauan dan kualitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar